Artikel pendidikan agama Islam - artikel centers

Artikel pendidikan agama Islam

Share:
Artikel pendidikan agama Islam yang akan saya share dengan sahabat pembaca pada kesempatan ini adalah artikel pendidikan agama Islam berkaitan dengan "pengertian shalat dan hukumnya".

Shalat dalam Islam, adalah sebuah kegiatan beribadah yang sifatnya wajib. Sholat yaitu sebuah kegiatan penyembahan kita kepada Allah SWT. Shalat juga dapat diartikan sebagai bentuk memohon kita kepada yang maha kuasa.

Shalat sendiri dalam Islam terbagi menjadi beberapa jenis. Yang pertama adalah shalat wajib 5 waktu, yaitu shalat Subuh, shalat Dzuhur, shalat Ashar, shalat Maghrib, dan shalat Isya'. Sementara itu, shalat yang kedua adalah shalat yang tergolong sunnah (tidak wajib), dan dalam hal ini ada banyak sekali jenis-jenis dari shalat sunnah.

Shalat sunnah sendiri ada yang disebut dengan sunnah mu'akad atau sunnah yang sangat dianjurkan. Salah satu jenis shalat sunnah yang sangat dianjurkan dalam Islam adalah shalat Idhul Fitri. Shalat Idul Fitri pada dasarnya adalah sunnah, namun ia merupakan ibadah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan oleh ummat Islam.

Dalam shalat Subuh terdapat 2 raka'at,  shalat Dzuhur 4 rakaat, shalat Ashar 4 rakaat, shalat Maghrib 3 rakaat, dan shalat Isya' 4 rakaat. Shalat 5 waktu adalah wajib hukumnya, sehingga bagi ummat Islam yang tidak melaksanakannya mereka akan berdosa, terkecuali ada udzur yang membolehkan mereka untuk melaksanakan shalat dilain waktu.

Artikel pendidikan agama Islam

Tidak ada komentar